Main Menu

Statistik

Members : 54
Content : 22
Content View Hits : 51156

Sekretariat

Jl.Kaleng KM 3 Karanganyar Kebumen
Telp. 0287 551225

Kebumen Gelar Festival Dalang PDF Print E-mail
Written by Administrator   
Wednesday, 07 January 2015 11:23

KEBUMEN (KRjojga.com) - Sembilan dalang mempertontonkan keahliannya memainkan wayang dalam Festival Dalang yang digelar Dinas Pariwisata dan Kebudayaan (Disparbud) Kabupaten Kebumen di Alun-alun Kebumen, Sabtu (20/12/2014).

Festival dalang untuk memeriahkan Hari Jadi ke-79 Kabupaten Kebumen. Pesertanya perwakilan dari Kebumen wilayah timur, tengah, dan barat. Masing-masing wilayah diwakili tiga dalang.

Dari wilayah timur, ada Ki Khamid, Ki Slamet Pramono, dan Ki Sarwono. Perwakilan wilayah tengah, Ki Condro, Ki Riadi, dan Ki Suwarno. Sedangkan dari wilayah barat, ada Ki Suharyanto, Ki Suratno, dan Ki Sigit Sugito.

Pertunjukan wayang kulit dalam festival tersebut, pakeliran padat berdurasi 60 menit dengan gagrak pakeliran dibebaskan. Demikian pula lakon yang diusung, berbeda setiap dalang. Seperti Ki Khamid yang mengusung lakon Dewa Ruci, atau Ki Suwarno dengan lakon Semar Mbangun Khayangan.

"Semua sudah disediakan panitia. Termasuk sindennya. Dalang peserta festival tinggal naik panggung mengusung lakonnya masing-masing," ujar Kasi Kebudayaan Disparbud Kabupaten Kebumen, Ismaun.

Hingga Sabtu (20/12/2014) sore, festival masih berlangsung di bawah guyuran hujan deras. Festival akan dituntaskan pada malam ini juga. (Suk)

 

Hari Ini

Galery Foto

Download