Main Menu

Statistik

Members : 54
Content : 22
Content View Hits : 49864

Sekretariat

Jl.Kaleng KM 3 Karanganyar Kebumen
Telp. 0287 551225

PERMADANI MEWISUDA 27 DALANG PDF Print E-mail
Written by Administrator   
Thursday, 21 February 2013 00:31

 

KEBUMEN - (suara merdeka) Persaudaraan Masyarakat Budaya Nasional Indonesia (Permadani) Kebumen menggelar wisuda purna wiyata kepada 27 dalang yang mengikuti pawiyatan pedalangan bragada I. Acara wisuda di Padepokan Sehat Medika (SM) II, di Kelurahan Jatiluhur, Kecamatan Karanganyar, Kebumen, Sabtu (16/2).

Hadir acara itu, Wakil Bupati Kebumen Djuwarni AMd Pd, Ketua Persatuan Pedalangan Indonesia (Perpadi) R Suman Sri Husodo juga pimpinan Padepokan SM. Tampak pula Ketua Dewan Kesenian Daerah (DKD) Kebumen yang juga dalang senior asal Ambal, Ki Basuki Hendro Prayitno dan Ketua Dinas Pariwisata dan Budaya Kebumen Drs Heri Setyanto.

Sekretaris Permadani Pusat Drs Suyitno dan Dewan Penasehat Pepadi Jateng Dr HC Setarko Hadiwacono juga hadir dalam acara wisuda tersebut.

Sementara itu, dari 27 dalang yang mengikuti wisuda, lima dianaranya masih anak-anak. Selain itu, seorang peserta merupakan dalang perempuan.

Mereka sebelumnya mengikuti pawiyatan pedalangan selama enam bulan yakni sejak Juli 2012 sampai Januari 2013. Dari 43 peserta, baru 27 orang yang lulus dan bisa mengikuti wisuda.

Ketua II Permadani Kebumen Drs Wuryanto MMPd menyampaikan, para peserta pawiyatan pedalangan angkatan I itu mendapatkan sejumlah materi dasar-dasar pedalangan. Meliputi vokal, bahasa dan sastra, pakeliran atau sabet, gending, keprak atau dodogan, dan kepermadanian.

"Wisuda purnawiata pawiyatan pedalangan oleh Permadani Kebumen baru petama kali digelar di Jawa Tengah," ujar Wuryanto kepada Suara Merdeka disela-sela acara.

Wuryanto juga Ketua II Pepadi Kebumen itu menambahkan, selama ini permadani fokus menggelar pawiyatan pranatacara dan baru pertama kali mengadakan pawiyatan pedalangan.

 

 

 

Last Updated on Thursday, 21 February 2013 00:35
 

Hari Ini

Galery Foto

Download